Mengenal Lebih Dekat Benkangen Game
Oleh Trifka Dila Fadhilah
Mahasiswi Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung
Biodata Artikel:
Judul: Benkangen game: Digital media in elementary school Indonesian language
Penulis: Mar’atussolichah, Hamidulloh Ibda, Muhammad Fadloli Al Hakim, Faizah, Aniqoh, Mahsun
Jurnal: Journal of Education and Learning (EduLearn), Vol 18 No 2 2024
ISSN: 2089-9823, e-ISSN 2302-9277
Indeksasi: Scopus
Artikel ini membahas tentang pentingnya pengembangan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan [R&D] dengan model analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi [ADDIE], yang terdiri dari lima tahapan penelitian. Analisis, perencanaa, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan inovasi pengembangan aplikasi game berbasis kearifan lokal magelang dengan menggunakan fitur permainan dengan teka teki budaya dan kearifan lokal magelang materi pembelajaran Bahasa Indonesia di rangkai dalam bentuk soal disertai jumlah poin pada setiap jawaban dengan di beri audio yang mencerminkan kearifan lokal di jawa Tengah. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian lainnya yaitu pengembangan permainan benkangengame berbasis kearifan lokal magelang masih perlu di kembangkan oleh para guru di Indonesia, sehingga penelitian selanjutnya perlu mengekspresikan inovasi permainan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui sofward terbaru.
Menurut saya, Pengembangan media game itu sangat penting apalagi pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu alternatif sehingga dapat menjadi alat bantu siswa untuk lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan hasil kognitif siswa terutama disisipi dengan tema kearifan lokal yaitu kearifan lokal magelang hal ini diperkuat dengan adanya penelitian dalam satu decade terakhir telah mengeksplorasi media pembelajaran berbasis kearifan lokal seperti penelitian tentang mitos dan kearifan ekologi. Permainan edukasi dengan android berbasis kearifan lokal timor dalam pembelajaran matematika.
Saya sependapat dengan artikel ini, karena dengan pengembangan game benkangengame berbasis digital yang di sisispi tema kearifan lokal dapat menjadi inovasi pembelajaran, menjadi semangat guru untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran sehingga dapat menambah semangat siswa dalam belajar dan menimgkatkan pemahaman siswa.
Penelitian ini dapat dibaca oleh para guru dan dijadikan acuan untuk mengembangkan kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Saya menyarankan agar lebih banyak peneliti mengkaji hal yang berkaitan dengan pengembangan game edukasi berbasis digital.