ResensiSastra

Paradigma Keilmuan Ketupat Ilmu

Nama                    : Rizka Qistin Nadhifah

Prodi                     : PIAUD INISNU Temanggung

Biodata Buku

Judul Buku          : Membangun Paradigma Keilmuan Ketupat Ilmu

Penulis                  : Hamidulloh Ibda

Penerbit               : YAPTINU Temanggung

Cetakan : I, Januari 2021

                                 II, September 2023

Tebal                      : 14X21 cm, 202 Halaman

ISBN                      : 978-623-96062-0-6

Sinopsis Buku

Dalam buku ini terdapat beberapa bab. Pertama Bab Pendahuluan yang mengkaji konsep paradigma ilmu, urgensi paradigma keilmuan, relasi ilmu pengetahuan, filsafat, dan agama, Islamisasi ilmu, ilmunisasi ilmu, integrasi keilmuam, dan urgensi konversi perguruan tinggi. Bab II membahas model-model paradigma keilmuan PTKI di Indonesia. Bab III konsep paradigma keilmuan ketupat ilmu. Bab IV implementasi paradigma keilmuan ketupat ilmu. Paradigma keilmuan pada intinya menjadi sebuah cara oandang perguruan tinggi dalam menentukan berbagai macam kegiatan akademik mauoun non-akdemik. Berbagai model paradigma keilmuan di perguruan tinggi sudah dikaji mendalam dalam buku ini sehingga INISNU Temanggung memiliki distingsi yang bisa disebut sebagai model paradigma keilmuan yang benar-benar baru, genuine, dan memiliki novelty menarik karena mengkolaborasikan antara agama dan ilmu pengetahuan.

Ketupat Ilmu mengacu kepada model paradigma keilmuan integrasi-kolaborasi dengan skema anyaman ilmu, collaboration of science, takatuful ulum, yang intinya menggerakkan bersama atau bergerak ganda (double movement) antara agama dengan ilmu pengetahuan. Proses ini juga merupakan hasil riset, FGD, uji pakar, serta diseminasi dengan berbagai forum.

Kelebihan

Dengan membaca buku ini dapat kita ketahui model paradigma, paradigma keilmuan, dan implementasinya

Kekurangan

Bagi saya bahasanya sangat tinggi dan agak sulit dipahami karena banyak menggunakan Bahasa yang masih asing dan belum familiar di telinga saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button